Minggu Pagi di Hutan Pinus Imogiri

Februari 07, 2018


Minggu pagi di awal Februari itu aku berada di Jogja. Sekitar pukul 7.30 pagi aku dan Rodli memutuskan untuk berjalan-jalan ke hutan pinus Imogiri. Lokasinya sendiri sebenarnya ada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta namun karena lokasi hutan ini berada di satu jalur dengan situs makam raja-raja Imogiri membuat banyak orang menyebutnya hutan pinus Imogiri. Aku sendiri saat membuka map di smartphone untuk mencari tahu lokasinya sempat kebingungan karena disana tertera hutan pinus Mangunan bukan hutan pinus Imogiri.




Perjalanan menuju hutan pinus Imogiri ini cukup mudah. Selama kesana aku tidak menemukan jalan makadam alias berbatu. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam menggunakan motor dari ringroad selatan. Beberapa meter sebelum sampai lokasi hutan pinus Imogiri, kita akan melewati rumah hobbit, sepertinya rumah hobbit juga seru tapi sayangnya aku tidak mampir kesana. Aku sampai sana sekitar pukul 8.30 pagi, belum banyak pengunjung. Sebelum masuk, kita perlu membayar tiket sebesar 2500 perorang. Sangat murah kan? Tapi beda tarif kalau kesana dengan tujuan prewedding atau semacamnya karena kalian akan dikenakan tarif minimal 50.000 rupiah. Menurut beberapa sumber yang aku baca, waktu yang paling pas untuk datang kesana memang sekitar pukul 7-9 pagi karena cahaya matahari datang dari samping menembus celah pohon-pohon pinus. Rasanya seperti ada di film twilight. Hehe. Yang aku suka lagi adalah bau hutan pinusnya. Suasananya sangat menenangkan. Karena saat aku kesana musim hujan, jadi jalan di hutan pinus cukup licin dan berlumpur. Untungnya hutan pinus Imogiri ini cukup terawat. Ada beberapa kayu yang dijadikan tempat duduk, ada juga jalan setapak yang diberi bebatuan. Jika ada yang ingin berkunjung kesana pastikan kalian bawa kendaraan pribadi ya, karena tidak ada angkutan umum yang bisa diakses menuju kesana. Selamat jalan-jalan!



You Might Also Like

0 komentar