Tes AcEPT

Desember 20, 2017



Saat ini kemampuan Bahasa Inggris dalam bentuk sertifikat TOEFL sudah seperti menjadi hal wajib bagi seseorang yang ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang S2, S3 atau bekerja di perusahaan-perusahaan besar. TOEFL ini mempunyai score maksimal 677, sedangkan score yang biasanya dijadikan standar yaitu 500. Teman-temanku yang biasanya tidak mau ribet mereka membeli sertifikat TOEFL seharga 200 ribu, tanpa perlu tes mereka sudah bisa memenuhi persyaratan administrasi untuk melanjutkan S2nya. Harganya lebih murah dibandingkan tes TOEFL asli yang harganya berkisar 500 ribu.

Nah kebetulan pacarku ingin melanjutkan S2 di Universitas Gajahmada atau bisa disingkat UGM. Di Universitas ini, syarat administrasinya yaitu sertifikat TOEFL harus ITP yang diakui oleh Indonesia International Education Foundation atau disingkat IIEF. Untuk daftar lembaga dan jadwal tes TOEFL ITP bisa klik disini. Dalam daftar lembaga tersebut kamu tidak bisa beli sertifikat seperti yang dilakukan teman-temanku. Ada yang menarik dari tes di UGM selain TOEFL yaitu AcEPT (Academic English Proficiency Test). AcEPT ini juga tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Universitas Gajahmada tapi lebih difokuskan kemampuan Bahasa Inggris untuk akademik. Score dan sectionnya juga berbeda dari TOEFL. Tes AcEPT ini terdiri dari 5 section yaitu:
Listening ----------------------- > 20 Soal
Vocabulary -------------------- > 30 Soal
Grammar and Structure --- > 40 Soal
Reading ------------------------ > 40 Soal
Composing Skills ------------- > 40 Soal
Bobot soalnya sendiri adalah 2,5 poin. Jadi karena total soalnya 170 x 2,5  maka score total adalah 425, tidak seperti TOEFL yang mempunyai maksimal score 677. Namun jika disetarakan dengan TOEFL maka scorenya akan jadi seperti berikut:
Nilai terendah = 0 (setara dengan TOEFL 217)
Nilai batas lulus S2 = 209 (setara dengan TOEFL 450)
Nilai batas lulus S3 = 268 (setara dengan TOEFL 500)
Nilai tertinggi = 426 (setara dengan TOEFL 677)

Untuk lebih lengkap tentang konversi AcEPT ke TOEFL bisa di download disini.

Harga untuk tes AcEPT ini lebih murah daripada TOEFL yaitu hanya 125 ribu. Kalau kamu mau ikutan juga, kamu bisa bayar ke bank BNI buat dapetin username sama password. Setelah itu kamu bisa login ke http://acept.ugm.ac.id/.

You Might Also Like

0 komentar